Pemerolehan Bahasa (Language Acquisition)


Gampang saja untuk mengerti bagaimana pemerolehan bahasa (Language Acquisition) berlangsung. Pemerolehan bahasa merupakan proses yang terjadi di dalam otak anak saat mereka memperoleh bahasa pertamanya yang dilakukan dengan tidak disadari atau berlangsung secara alami. Seorang anak yang memperoleh bahasa secara alami akan mendapatkan tata bahasa bahasanya secara alami juga.
Ada dua proses  yang terjadi saat anak sedang memperoleh bahasa pertamanya, yaitu proses kompetensi dan proses performansi. Proses kompetensi merupakan proses penguasaan tata bahasa yang berlangsung secara tidak disadari dan proses kompetensi in merupakan syarat untuk terjadinya proses performansi. Proses performansi memiliki dua proses yaitu proses pemahaman dan proses penerbitan. Proses pemahaman merupakan proses yang melibatkan kemampuan dalam mengamati atau mempersepsi kalimat yang didengar.  Sedangkan proses penerbitan merupakan kemampuan dalam menerbitkan kalimat-kalimat. Jadi kemampuan linguistik anak terdiri dari proses memahami dan proses menerbitkan kalimat-kalimat.
Sejalan dengan teori Chomsky (1957, 1965), kompetensi tersebut mencakup tiga komponen tata bahasa yaitu komponen sintaksis, komponen semantik dan komponen fonologi. Ketiga komponen tata bahasa tersebut tidaklah diperoleh sendiri-sendiri melainkan diperoleh secara bersamaan. Untuk lebih mengerti mengenai pemerolehan bahasa, terlebih dahulu perlu dibicarakan beberapa teori atau hipotesis-hipotesis yang berkaitan dengan pemerolehan bahasa. Hipotesis-hipotesis tersebut terdiri dari hipotesis nurani, hipotesis tabularasa, hipotesis kesemestaan kognitif.
Referensi:
Chaer, Abdul. Psikolinguistik kajian teoretik. Jakarta: rineka cipta, 2002

0 komentar:



Posting Komentar